News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)

Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)

Waktu: 2 x 45 menit

Modul Ajar Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menjelaskan pentingnya Servis Berkala New Prosedur (SBNP).
  2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah dan komponen yang diperiksa dalam SBNP.
  3. Siswa dapat melakukan SBNP sesuai dengan prosedur yang benar dan aman.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.

Kegiatan:

  1. Guru memulai dengan menampilkan video pendek yang menunjukkan perbedaan antara servis berkala konvensional dan SBNP.
  2. Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
    • "Apa yang membedakan servis berkala biasa dengan SBNP?"
    • "Mengapa penting untuk mengikuti prosedur baru dalam servis berkala kendaraan?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti satu aspek dari SBNP, seperti pemeriksaan mesin, sistem kelistrikan, sistem pendingin, sistem rem, dan sistem transmisi.
  3. Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang langkah-langkah SBNP pada aspek yang ditugaskan.
  4. Setiap kelompok membuat panduan SBNP yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang diteliti.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan panduan SBNP mereka kepada kelas.
  2. Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
  3. Guru menghubungkan langkah-langkah SBNP ini dengan pentingnya menjaga performa dan keamanan kendaraan.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan SBNP pada kendaraan ringan sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
  2. Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang telah diteliti.
  3. Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Kegiatan:

  1. Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya SBNP.
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik SBNP.
  3. Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka yang mungkin menggunakan prosedur SBNP dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video tentang perbedaan antara servis berkala konvensional dan SBNP
  2. Buku teks dan artikel
  3. Poster dan spidol
  4. Komputer atau tablet untuk pencarian online
  5. Kendaraan ringan untuk praktik
  6. Alat dan bahan untuk SBNP (misalnya, oli, filter udara, cairan rem, dsb.)

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
  2. Presentasi kelompok
  3. Kuis singkat
  4. Praktik SBNP
  5. Tugas rumah

Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)". Semoga bermanfaat!

Masukan dari Toyota Tanjungpinang:

Bahas materi: Praktik SBE, SBNP ini Membutuhkan Car Lift, Penggunaan SOP Lift Car, Posisi Lift

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment