Memahami perkembangan teknologi otomotif

Modul Ajar: 5E Model

Kelas: X Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Materi: Kendaraan Otonom

A. Kompetensi Dasar

  • KD Pengetahuan: Memahami konsep dasar dan teknologi yang mendukung kendaraan otonom.
  • KD Keterampilan: Mampu mengidentifikasi komponen dan prinsip kerja kendaraan otonom.

B. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu menjelaskan konsep dasar kendaraan otonom dan sejarah perkembangannya.
  • Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan fungsi dari komponen utama kendaraan otonom.
  • Siswa mampu mensimulasikan prinsip kerja kendaraan otonom menggunakan perangkat lunak simulasi sederhana.

C. Materi Pembelajaran

  1. Pengantar Kendaraan Otonom
    • Definisi dan sejarah perkembangan.
    • Tingkatan otonomi kendaraan (Level 0 - Level 5).
  2. Teknologi Pendukung Kendaraan Otonom
    • Sensor: Kamera, LiDAR, Radar, Ultrasonik.
    • Sistem pemrosesan data: Unit Kontrol Elektronik (ECU), algoritma AI.
    • Sistem navigasi: GPS, peta digital.
  3. Komponen Utama Kendaraan Otonom
    • Sensor: Jenis dan fungsi.
    • Aktuator: Jenis dan fungsi.
    • ECU: Fungsi dan cara kerja.
  4. Simulasi Sistem Kerja Kendaraan Otonom
    • Penggunaan perangkat lunak simulasi sederhana.
    • Simulasi skenario dasar untuk memahami prinsip kerja.

D. Metode Pembelajaran

Pendekatan: 5E Model (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate)

Metode: Diskusi kelompok, Eksperimen, Demonstrasi, Simulasi

E. Langkah-langkah Pembelajaran

Engage (10 Menit)

  • Guru memulai dengan menampilkan video menarik tentang kendaraan otonom.
  • Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk merangsang rasa ingin tahu siswa tentang kendaraan otonom, seperti "Bagaimana cara kerja mobil tanpa pengemudi?" atau "Apa keuntungan dari kendaraan otonom?".

Explore (30 Menit)

  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  • Setiap kelompok diberi tugas untuk mengeksplorasi sub-topik tertentu tentang teknologi dan komponen kendaraan otonom menggunakan buku teks, artikel, dan internet.
  • Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam bentuk catatan atau presentasi sederhana.

Explain (30 Menit)

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil eksplorasi mereka di depan kelas.
  • Guru memberikan penjelasan tambahan dan klarifikasi jika diperlukan.
  • Diskusi kelas untuk memperdalam pemahaman tentang materi yang telah dipresentasikan.

Elaborate (40 Menit)

  • Guru memperkenalkan perangkat lunak simulasi yang akan digunakan.
  • Demonstrasi penggunaan perangkat lunak simulasi oleh guru.
  • Siswa mencoba melakukan simulasi sederhana dengan bimbingan guru, seperti mengatur rute kendaraan otonom dalam skenario tertentu.

Evaluate (10 Menit)

  • Refleksi dan diskusi tentang apa yang telah dipelajari selama sesi.
  • Tes singkat atau kuis untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang konsep dan komponen kendaraan otonom.
  • Pemberian tugas individu untuk menulis laporan tentang pengalaman mereka dalam melakukan simulasi.

F. Media dan Sumber Belajar

  1. Media
    • Komputer/Laptop dengan akses internet.
    • Perangkat lunak simulasi kendaraan otonom (misalnya, CARLA atau aplikasi sederhana lainnya).
    • Proyektor dan papan tulis.
  2. Sumber Belajar
    • Buku teks tentang teknologi kendaraan.
    • Artikel ilmiah dan jurnal tentang kendaraan otonom.
    • Video pembelajaran dari sumber terpercaya (misalnya, YouTube, TED Talks).

G. Penilaian

  1. Penilaian Pengetahuan
    • Kuis atau tes tertulis tentang konsep dasar dan komponen kendaraan otonom.
  2. Penilaian Keterampilan
    • Observasi dan penilaian terhadap partisipasi siswa dalam diskusi dan eksperimen.
  3. Laporan individu tentang simulasi dan analisis kendaraan otonom.

H. Tugas Individu

  • Membuat laporan singkat (2-3 halaman) tentang salah satu komponen utama kendaraan otonom yang paling menarik bagi siswa, dilengkapi dengan gambar dan diagram.
  • Menyelesaikan latihan simulasi tambahan di rumah jika perangkat lunak tersedia.

I. Rencana Tindak Lanjut

  • Untuk Siswa yang Menguasai: Diberikan tugas tambahan untuk mengembangkan mini-proyek sederhana terkait teknologi kendaraan otonom.
  • Untuk Siswa yang Belum Menguasai: Mendapatkan bimbingan tambahan dan diberikan materi remedial, serta kesempatan untuk mengulang simulasi praktikum.

Dengan modul ajar ini, diharapkan siswa kelas X TKR dapat memahami konsep dan teknologi yang mendukung kendaraan otonom, serta mengembangkan keterampilan analisis dan simulasi mereka dalam konteks teknik kendaraan ringan.

5 comments for "Memahami perkembangan teknologi otomotif"

Comment Author Avatar
Tugas 1: https://drive.google.com/drive/folders/1O8hNRnOqb17DtbD_xskF89V1G1GMlR06

Tugas2:https://drive.google.com/drive/folders/1OlSlGgO-FM86G-IKyn6vfyuG1HROExqn
Comment Author Avatar
tugas 3: https://drive.google.com/drive/folders/1BrVype3Q06hl-nmgaSmuyEMQaS1VpInE