News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan sistem pendinginan

Melakukan perawatan sistem pendinginan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Melakukan Perawatan Sistem Pendinginan

Waktu: 2 x 45 menit

Modul Ajar Melakukan perawatan sistem pendinginan

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menjelaskan pentingnya sistem pendinginan pada kendaraan.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama sistem pendinginan yang memerlukan perawatan.
  3. Siswa dapat melakukan perawatan sistem pendinginan sesuai prosedur.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.

Kegiatan:

  1. Guru memulai dengan menampilkan gambar atau diagram tentang sistem pendinginan pada kendaraan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
    • "Apa yang terjadi jika sistem pendinginan tidak berfungsi dengan baik pada kendaraan?"
    • "Mengapa penting untuk merawat sistem pendinginan secara rutin?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti salah satu komponen utama sistem pendinginan, seperti radiator, kipas kipas, termostat, pompa air, dan cairan pendingin.
  3. Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang cara kerja dan perawatan masing-masing komponen.
  4. Setiap kelompok membuat panduan perawatan sistem pendinginan yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada komponen yang diteliti.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan panduan perawatan sistem pendinginan mereka kepada kelas.
  2. Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
  3. Guru menghubungkan langkah-langkah perawatan ini dengan pentingnya menjaga performa dan umur panjang mesin kendaraan.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan perawatan sistem pendinginan pada kendaraan sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
  2. Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada komponen sistem pendinginan yang telah diteliti.
  3. Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Kegiatan:

  1. Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya perawatan sistem pendinginan.
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik perawatan.
  3. Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka dan mengecek kondisi sistem pendinginan, kemudian menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Gambar atau diagram tentang sistem pendinginan kendaraan
  2. Buku teks dan artikel
  3. Poster dan spidol
  4. Komputer atau tablet untuk pencarian online
  5. Komponen utama sistem pendinginan untuk praktik
  6. Alat dan bahan untuk perawatan sistem pendinginan (misalnya, cairan pendingin, alat pemeriksaan suhu, dsb.)

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
  2. Presentasi kelompok
  3. Kuis singkat
  4. Praktik perawatan sistem pendinginan
  5. Tugas rumah

Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Sistem Pendinginan". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment