News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan dan overhaul komponen utama engine

Melakukan perawatan dan overhaul komponen utama engine

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Melakukan Perawatan dan Overhaul Komponen Utama Engine

Waktu: 2 x 45 menit

Modul Ajar Melakukan perawatan dan overhaul komponen utama engine

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menjelaskan pentingnya perawatan dan overhaul pada komponen utama engine.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama engine yang memerlukan perawatan dan overhaul.
  3. Siswa dapat melakukan perawatan dan overhaul komponen utama engine sesuai prosedur.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.

Kegiatan:

  1. Guru memulai dengan menampilkan video pendek tentang pentingnya perawatan dan overhaul engine.
  2. Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
    • "Apa yang terjadi jika engine kendaraan tidak dirawat dengan baik?"
    • "Mengapa overhaul engine diperlukan dalam beberapa kasus?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti salah satu komponen utama engine, seperti silinder, piston, crankshaft, camshaft, dan valve.
  3. Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang cara perawatan dan prosedur overhaul untuk komponen yang ditugaskan.
  4. Setiap kelompok membuat panduan perawatan dan overhaul yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan, perawatan, dan overhaul komponen yang diteliti.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan panduan perawatan dan overhaul mereka kepada kelas.
  2. Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
  3. Guru menghubungkan langkah-langkah perawatan dan overhaul dengan pentingnya menjaga performa dan umur panjang engine.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan perawatan dan overhaul pada engine sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
  2. Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan, perawatan, dan overhaul pada komponen engine yang telah diteliti.
  3. Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Kegiatan:

  1. Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya perawatan dan overhaul komponen utama engine.
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik perawatan dan overhaul.
  3. Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka yang mungkin memerlukan overhaul engine dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video tentang pentingnya perawatan dan overhaul engine
  2. Buku teks dan artikel
  3. Poster dan spidol
  4. Komputer atau tablet untuk pencarian online
  5. Komponen utama engine untuk praktik
  6. Alat dan bahan untuk perawatan dan overhaul (misalnya, alat ukur, alat pembersih, spare parts, dsb.)

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
  2. Presentasi kelompok
  3. Kuis singkat
  4. Praktik perawatan dan overhaul
  5. Tugas rumah

Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan dan Overhaul Komponen Utama Engine". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment