News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan berkala kendaraan ringan

Melakukan perawatan berkala kendaraan ringan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Melakukan Perawatan Berkala Kendaraan Ringan

Waktu: 2 x 45 menit

Modul Ajar Melakukan perawatan berkala kendaraan ringan

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menjelaskan pentingnya perawatan berkala pada kendaraan ringan.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen yang perlu diperiksa dan dirawat secara berkala.
  3. Siswa dapat melakukan perawatan berkala pada kendaraan ringan sesuai prosedur.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.

Kegiatan:

  1. Guru memulai dengan menampilkan video pendek yang menjelaskan pentingnya perawatan berkala kendaraan ringan dan dampak dari kelalaian perawatan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
    • "Pernahkah kalian melihat kendaraan yang mengalami kerusakan karena tidak dirawat secara berkala?"
    • "Menurut kalian, apa saja manfaat dari melakukan perawatan berkala pada kendaraan?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti satu aspek dari perawatan berkala kendaraan ringan, seperti pemeriksaan oli, sistem rem, sistem pendingin, sistem kelistrikan, dan ban.
  3. Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang prosedur perawatan berkala pada aspek yang ditugaskan.
  4. Setiap kelompok membuat panduan perawatan berkala yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang diteliti.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan panduan perawatan berkala mereka kepada kelas.
  2. Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
  3. Guru menghubungkan langkah-langkah perawatan berkala ini dengan pentingnya menjaga performa dan keamanan kendaraan.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan perawatan berkala pada kendaraan ringan sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
  2. Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang telah diteliti.
  3. Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Kegiatan:

  1. Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya perawatan berkala kendaraan ringan.
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik perawatan berkala.
  3. Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka yang dirawat secara berkala dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video tentang pentingnya perawatan berkala kendaraan ringan
  2. Buku teks dan artikel
  3. Poster dan spidol
  4. Komputer atau tablet untuk pencarian online
  5. Kendaraan ringan untuk praktik
  6. Alat dan bahan untuk perawatan berkala (misalnya, oli, filter udara, cairan rem, dsb.)

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
  2. Presentasi kelompok
  3. Kuis singkat
  4. Praktik perawatan berkala
  5. Tugas rumah

Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Berkala Kendaraan Ringan". Semoga bermanfaat!

Masukan dari Toyota Tanjungpinang:

Bahas materi: Praktik SBE, SBNP ini Membutuhkan Car Lift, Penggunaan SOP Lift Car, Posisi Lift

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment