News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan sistem starter

Melakukan perawatan sistem starter

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Otomotif

Kelas: XI TKR

Topik: Melakukan Perawatan Sistem Starter

Modul ajar Melakukan perawatan sistem starter

1. Engage (Pendahuluan)

Tujuan: Menumbuhkan minat dan menilai pengetahuan awal siswa.

Kegiatan:

  1. Diskusi Pembuka:
    • Mulailah dengan menanyakan pengalaman siswa tentang masalah yang pernah mereka temui saat menyalakan kendaraan.
  2. Pertanyaan yang bisa diajukan:
    • Apakah kalian pernah mengalami masalah saat menyalakan kendaraan?
    • Apa yang biasanya kalian lakukan ketika kendaraan tidak bisa dinyalakan?
    • Tampilkan video pendek yang menunjukkan cara kerja sistem starter pada kendaraan.
  3. Tujuan:
    • Membangkitkan rasa ingin tahu tentang cara kerja sistem starter dan bagaimana cara merawatnya.

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Menyelidiki komponen dan fungsi dari sistem starter.

Kegiatan:

  1. Kegiatan Praktik:
    • Bagilah siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil.
    • Sediakan setiap kelompok dengan satu set komponen sistem starter (starter motor, solenoid, baterai, dll.).
    • Minta setiap kelompok untuk membongkar dan merakit kembali sistem starter, sambil mengidentifikasi komponen utama dan cara kerjanya.
  2. Observasi dan Pencatatan:
    • Siswa mengamati bagian-bagian tersebut dan mencatat fungsinya serta bagaimana mereka terhubung satu sama lain.
    • Gunakan diagram dan gambar skematik untuk membantu pemahaman.

3. Explain (Penjelasan)

Tujuan: Memberikan penjelasan rinci tentang perawatan sistem starter.

Kegiatan:

  1. Kuliah Interaktif:
    • Sajikan penjelasan rinci tentang masalah umum dan prosedur perawatan untuk sistem starter.
    • Gunakan presentasi multimedia termasuk slide, video, dan animasi untuk menggambarkan konsep.
  2. Bahas topik-topik seperti:
    • Pemecahan masalah umum (misalnya, kendaraan tidak bisa dinyalakan, starter motor tidak berfungsi).
    • Memeriksa dan mengganti komponen yang rusak.
    • Memeriksa dan memperbaiki kabel dan koneksi.
    • Perawatan baterai dan pengisian daya.
  3. Sesi Tanya Jawab:
    • Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mendiskusikan materi kuliah untuk memastikan pemahaman.

4. Elaborate (Elaborasi)

Tujuan: Menerapkan pengetahuan melalui aplikasi praktis.

Kegiatan:

  1. Workshop Praktik:
    • Instruksikan siswa untuk melakukan perawatan pada sistem starter yang nyata.
    • Sediakan semua alat dan perlengkapan keselamatan yang diperlukan.
    • Bimbing siswa melalui setiap langkah, dari mendiagnosis masalah hingga melakukan perbaikan.
  2. Masalah Berdasarkan Skenario:
    • Berikan siswa berbagai skenario (misalnya, starter motor tidak berputar, baterai lemah).
    • Siswa akan mendiagnosis masalah dan melakukan tugas perawatan yang sesuai.

5. Evaluate (Evaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan yang diperoleh.

Kegiatan:

  1. Penilaian Praktik:
    • Setiap siswa akan secara individu melakukan pemeriksaan perawatan dan perbaikan lengkap pada sistem starter.
    • Evaluasi berdasarkan rubrik yang mencakup kriteria seperti ketepatan diagnosis, penggunaan alat yang benar, dan efektivitas perbaikan.
  2. Tes Tertulis:
    • Berikan tes tertulis yang mencakup aspek teoretis dari perawatan sistem starter.
    • Sertakan pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat, dan diagram untuk dilabeli.

Bahan dan Sumber Daya:

  1. Alat dan Perlengkapan:
    • Komponen sistem starter (starter motor, solenoid, baterai, dll.)
    • Alat tangan dasar (obeng, tang, dll.)
    • Multimeter untuk pengujian listrik
    • Suku cadang pengganti (kabel, terminal, baterai)
  2. Bantuan Instruksional:
    • Proyektor multimedia
    • Klip video
    • Diagram dan skema
    • Manual dan panduan perawatan

Pertimbangan Keamanan:

  • Pastikan siswa menggunakan peralatan pelindung diri (sarung tangan, kacamata keselamatan).
  • Berikan instruksi tentang penggunaan alat yang aman dan penanganan komponen listrik.

Refleksi:

Setelah pelajaran, kumpulkan umpan balik siswa untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai. Refleksikan efektivitas kegiatan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk pelajaran di masa mendatang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment