News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan sistem pengisian

Melakukan perawatan sistem pengisian

Modul Ajar Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Otomotif

Kelas: XII TKR

Topik: Melakukan Perawatan Sistem Pengisian

Modul ajar Melakukan perawatan sistem pengisian

1. Engage (Pendahuluan)

Tujuan: Menarik minat dan menilai pengetahuan awal siswa tentang sistem pengisian.

Kegiatan:

  1. Diskusi Pembuka:
    • Tanyakan kepada siswa apakah mereka pernah mengalami masalah dengan baterai kendaraan mereka.
  2. Pertanyaan yang bisa diajukan:
    • Apa yang kalian lakukan jika baterai kendaraan kalian habis?
    • Menurut kalian, apa penyebab utama baterai kendaraan bisa habis?
  3. Tampilkan Video:
    • Putar video singkat yang menjelaskan cara kerja sistem pengisian pada kendaraan.
    • Buatlah siswa tertarik dengan memberikan contoh nyata bagaimana sistem pengisian mempengaruhi kinerja kendaraan.
  4. Tujuan:
    • Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang pentingnya sistem pengisian dan bagaimana cara merawatnya.

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Menyelidiki komponen dan fungsi dari sistem pengisian.

Kegiatan:

  1. Kegiatan Praktik:
    • Bagilah siswa ke dalam kelompok kecil.
    • Sediakan setiap kelompok dengan satu set komponen sistem pengisian (alternator, regulator tegangan, baterai, dll.).
    • Minta setiap kelompok untuk membongkar dan merakit kembali sistem pengisian, sambil mengidentifikasi komponen utama dan fungsinya.
  2. Observasi dan Pencatatan:
    • Siswa mengamati bagian-bagian tersebut dan mencatat fungsinya serta bagaimana mereka terhubung satu sama lain.
    • Gunakan diagram dan skema untuk membantu pemahaman.

3. Explain (Penjelasan)

Tujuan: Memberikan penjelasan rinci tentang perawatan sistem pengisian.

Kegiatan:

  1. Kuliah Interaktif:
    • Berikan penjelasan rinci tentang komponen utama sistem pengisian, seperti alternator, regulator tegangan, dan baterai.
    • Gunakan presentasi multimedia termasuk slide, video, dan animasi untuk menggambarkan konsep.
  2. Bahas topik-topik seperti:
    • Cara kerja sistem pengisian.
    • Tanda-tanda kerusakan pada sistem pengisian.
    • Prosedur pemeriksaan dan pemeliharaan sistem pengisian.
    • Penggantian komponen yang rusak atau aus.
  3. Sesi Tanya Jawab:
    • Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mendiskusikan materi yang telah dijelaskan untuk memastikan pemahaman mereka.

4. Elaborate (Elaborasi)

Tujuan: Menerapkan pengetahuan melalui aplikasi praktis.

Kegiatan:

  1. Workshop Praktik:
    • Instruksikan siswa untuk melakukan perawatan pada sistem pengisian kendaraan yang nyata.
    • Sediakan semua alat dan perlengkapan keselamatan yang diperlukan.
    • Bimbing siswa melalui setiap langkah, dari mendiagnosis masalah hingga melakukan perbaikan dan penggantian komponen yang diperlukan.
  2. Masalah Berdasarkan Skenario:
    • Berikan siswa berbagai skenario masalah (misalnya, baterai tidak terisi penuh, lampu indikator baterai menyala).
    • Siswa akan mendiagnosis masalah tersebut dan melakukan tugas perawatan yang sesuai.

5. Evaluate (Evaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan yang diperoleh selama pembelajaran.

Kegiatan:

  1. Penilaian Praktik:
    • Setiap siswa akan secara individu melakukan pemeriksaan perawatan dan perbaikan lengkap pada sistem pengisian.
    • Evaluasi berdasarkan rubrik yang mencakup kriteria seperti ketepatan diagnosis, penggunaan alat yang benar, dan efektivitas perbaikan.
  2. Tes Tertulis:
    • Berikan tes tertulis yang mencakup aspek teoretis dari perawatan sistem pengisian.
    • Sertakan pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat, dan diagram untuk dilabeli.

Bahan dan Sumber Daya:

  1. Alat dan Perlengkapan:
    • Komponen sistem pengisian (alternator, regulator tegangan, baterai, dll.)
    • Alat tangan dasar (obeng, tang, dll.)
    • Multimeter untuk pengujian listrik
    • Suku cadang pengganti (kabel, terminal, baterai)
  2. Bantuan Instruksional:
    • Proyektor multimedia
    • Klip video
    • Diagram dan skema
    • Manual dan panduan perawatan

Pertimbangan Keamanan:

  • Pastikan siswa menggunakan peralatan pelindung diri (sarung tangan, kacamata keselamatan).
  • Berikan instruksi tentang penggunaan alat yang aman dan penanganan komponen listrik.

Refleksi:

Setelah pelajaran, kumpulkan umpan balik siswa untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai. Refleksikan efektivitas kegiatan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk pelajaran di masa mendatang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment