News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan elektrical mirror

Melakukan perawatan elektrical mirror

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Otomotif

Kelas: XI TKR

Topik: Melakukan Perawatan Electrical Mirror

Modul ajar Melakukan perawatan elektrical mirror

1. Engage (Pendahuluan)

Tujuan: Menumbuhkan minat dan menilai pengetahuan awal siswa.

Kegiatan:

  1. Diskusi Pembuka:
    • Mulailah dengan menanyakan pengalaman siswa tentang penggunaan kaca spion elektrik pada mobil.
    • Pertanyaan yang bisa diajukan:
      • Apakah kalian pernah menggunakan kaca spion elektrik di mobil?
      • Masalah apa yang pernah kalian temui dengan kaca spion elektrik?
      • Tampilkan video pendek yang menunjukkan penggunaan kaca spion elektrik pada mobil modern.
  2. Tujuan:
    • Membangkitkan rasa ingin tahu tentang cara kerja kaca spion elektrik dan bagaimana cara merawatnya.

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Menyelidiki komponen dan fungsi dari kaca spion elektrik.

Kegiatan:

  1. Kegiatan Praktik:
    1. Bagilah siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil.
      • Sediakan setiap kelompok dengan satu set komponen kaca spion elektrik (kaca spion asli atau model).
      • Minta setiap kelompok untuk membongkar dan merakit kembali kaca spion, sambil mengidentifikasi komponen utama seperti motor, kabel, dan sakelar kontrol.
    2. Observasi dan Pencatatan:
      • Siswa mengamati bagian-bagian tersebut dan mencatat fungsinya serta bagaimana mereka terhubung satu sama lain.
      • Gunakan diagram dan gambar skematik untuk membantu pemahaman.

3. Explain (Penjelasan)

Tujuan: Memberikan penjelasan rinci tentang perawatan kaca spion elektrik.

Kegiatan:

  1. Kuliah Interaktif:
    • Sajikan penjelasan rinci tentang masalah umum dan prosedur perawatan untuk kaca spion elektrik.
    • Gunakan presentasi multimedia termasuk slide, video, dan animasi untuk menggambarkan konsep.
  2. Bahas topik-topik seperti:
    • Pemecahan masalah umum (misalnya, kaca spion tidak responsif, penggantian kaca spion).
    • Memeriksa dan mengganti sekering.
    • Memeriksa dan memperbaiki kabel dan koneksi.
    • Teknik pembersihan yang tepat.
  3. Sesi Tanya Jawab:
    • Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mendiskusikan materi kuliah untuk memastikan pemahaman.

4. Elaborate (Elaborasi)

Tujuan: Menerapkan pengetahuan melalui aplikasi praktis.

Kegiatan:

  1. Workshop Praktik:
    • Instruksikan siswa untuk melakukan perawatan pada sistem kaca spion elektrik yang nyata.
    • Sediakan semua alat dan perlengkapan keselamatan yang diperlukan.
    • Bimbing siswa melalui setiap langkah, dari mendiagnosis masalah hingga melakukan perbaikan.
  2. Masalah Berdasarkan Skenario:
    • Berikan siswa berbagai skenario (misalnya, kaca spion tidak dapat disesuaikan, kaca spion pecah).
    • Siswa akan mendiagnosis masalah dan melakukan tugas perawatan yang sesuai.

5. Evaluate (Evaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan yang diperoleh.

Kegiatan:

  1. Penilaian Praktik:
    • Setiap siswa akan secara individu melakukan pemeriksaan perawatan dan perbaikan lengkap pada kaca spion elektrik.
    • Evaluasi berdasarkan rubrik yang mencakup kriteria seperti ketepatan diagnosis, penggunaan alat yang benar, dan efektivitas perbaikan.
  2. Tes Tertulis:
    • Berikan tes tertulis yang mencakup aspek teoretis dari perawatan kaca spion elektrik.
    • Sertakan pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat, dan diagram untuk dilabeli.

Bahan dan Sumber Daya:

  1. Alat dan Perlengkapan:
    • Kaca spion elektrik (asli atau model)
    • Alat tangan dasar (obeng, tang, dll.)
    • Multimeter untuk pengujian listrik
    • Suku cadang pengganti (sekering, kabel, kaca spion)
  2. Bantuan Instruksional:
    • Proyektor multimedia
    • Klip video
    • Diagram dan skema
    • Manual dan panduan perawatan

Pertimbangan Keamanan:

  1. Pastikan siswa menggunakan peralatan pelindung diri (sarung tangan, kacamata keselamatan).
  2. Berikan instruksi tentang penggunaan alat yang aman dan penanganan komponen listrik.

Refleksi:

Setelah pelajaran, kumpulkan umpan balik siswa untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai. Refleksikan efektivitas kegiatan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk pelajaran di masa mendatang.

Bahasa Inggris Melakukan perawatan elektrical mirror

5E Model Lesson Plan

Subject: Automotive Engineering

Grade: XI TKR

Topic: Electrical Mirror Maintenance

1. Engage

Objective: To spark interest and assess prior knowledge.

Activity:

Discussion Starter:

  1. Begin by asking students about their experiences with car mirrors, focusing on electric mirrors.
  2. Questions to ask:
    • Have you ever used an electric mirror in a car?
    • What issues have you encountered with electric mirrors?
  3. Show a short video demonstrating the use of electric mirrors in modern cars.

Objective:

Generate curiosity about how electric mirrors work and how to maintain them.

2. Explore

Objective: To investigate the components and function of electric mirrors.

Activity:

  1. Hands-on Activity:
    • Divide students into small groups.
    • Provide each group with a set of electric mirror components (actual mirrors or models).
    • Have each group disassemble and reassemble the mirror, identifying key components such as the motor, wiring, and control switches.
  2. Observation and Note-taking:
    • Students will observe the parts and make notes on their function and how they connect to each other.
    • Use diagrams and schematic drawings to assist in understanding.

3. Explain

Objective: To provide a detailed explanation of electric mirror maintenance.

Activity:

  1. Interactive Lecture:
    • Present a detailed explanation on the common issues and maintenance procedures for electric mirrors.
    • Use multimedia presentations including slides, videos, and animations to illustrate concepts.
    • Cover topics such as:
      • Troubleshooting common problems (e.g., unresponsive mirrors, mirror glass replacement).
      • Checking and replacing fuses.
      • Inspecting and repairing wiring and connections.
      • Proper cleaning techniques.
  2. Q&A Session:
    • Allow students to ask questions and discuss the lecture material to ensure understanding.

4. Elaborate

Objective: To apply knowledge through practical application.

Activity:

  1. Practical Workshop:
    • Instruct students to perform maintenance on a real electric mirror system.
    • Provide all necessary tools and safety equipment.
    • Guide students through each step, from diagnosing issues to implementing repairs.
  2. Scenario-Based Problems:
    • Give students different scenarios (e.g., mirror not adjusting, mirror glass cracked).
    • Students will diagnose the issue and perform the appropriate maintenance task.

5. Evaluate

Objective: To assess understanding and skills acquired.

Activity:

  1. Practical Assessment:
    • Each student will individually perform a complete maintenance check and repair on an electric mirror.
    • Evaluate based on a rubric that includes criteria such as accuracy of diagnosis, correct use of tools, and effectiveness of the repair.
  2. Written Test:
    • Administer a written test covering theoretical aspects of electric mirror maintenance.
    • Include multiple-choice questions, short answers, and diagrams for labeling.

Materials and Resources:

  1. Tools and Equipment:
    • Electric mirrors (real or model)
    • Basic hand tools (screwdrivers, pliers, etc.)
    • Multimeter for electrical testing
    • Replacement parts (fuses, wires, mirror glass)
  2. Instructional Aids:
    • Multimedia projector
    • Video clips
    • Diagrams and schematics
    • Maintenance manuals and guides

Safety Considerations:

  1. Ensure students use personal protective equipment (gloves, safety glasses).
  2. Provide instructions on the safe use of tools and handling of electrical components.

Reflection:

After the lesson, gather student feedback to identify areas for improvement and to ensure the lesson objectives were met. Reflect on the effectiveness of the activities and make necessary adjustments for future lessons.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment