News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan sistem pengapian

Melakukan perawatan sistem pengapian

Modul Ajar Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Otomotif

Kelas: XII TKR

Topik: Melakukan Perawatan Sistem Pengapian

Modul ajar Melakukan perawatan sistem pengapian

1. Engage (Pendahuluan)

Tujuan: Menarik minat dan menilai pengetahuan awal siswa tentang sistem pengapian.

Kegiatan:

  1. Diskusi Pembuka:
    • Tanyakan kepada siswa apakah mereka pernah mengalami masalah dengan pengapian kendaraan mereka.
  2. Pertanyaan yang bisa diajukan:
    • Apa yang kalian lakukan jika kendaraan kalian sulit dinyalakan?
    • Menurut kalian, apa penyebab utama kendaraan sulit dinyalakan?
  3. Tampilkan Video:
    • Putar video singkat yang menjelaskan cara kerja sistem pengapian pada kendaraan.
    • Buatlah siswa tertarik dengan memberikan contoh nyata bagaimana sistem pengapian mempengaruhi kinerja kendaraan.
  4. Tujuan:
    • Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang pentingnya sistem pengapian dan bagaimana cara merawatnya.

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Menyelidiki komponen dan fungsi dari sistem pengapian.

Kegiatan:

  1. Kegiatan Praktik:
    • Bagilah siswa ke dalam kelompok kecil.
    • Sediakan setiap kelompok dengan satu set komponen sistem pengapian (busi, koil pengapian, distributor, modul pengapian, dll.).
    • Minta setiap kelompok untuk membongkar dan merakit kembali sistem pengapian, sambil mengidentifikasi komponen utama dan fungsinya.
  2. Observasi dan Pencatatan:
    • Siswa mengamati bagian-bagian tersebut dan mencatat fungsinya serta bagaimana mereka terhubung satu sama lain.
    • Gunakan diagram dan skema untuk membantu pemahaman.

3. Explain (Penjelasan)

Tujuan: Memberikan penjelasan rinci tentang perawatan sistem pengapian.

Kegiatan:

  1. Kuliah Interaktif:
    • Berikan penjelasan rinci tentang komponen utama sistem pengapian, seperti busi, koil pengapian, distributor, dan modul pengapian.
    • Gunakan presentasi multimedia termasuk slide, video, dan animasi untuk menggambarkan konsep.
  2. Bahas topik-topik seperti:
    • Cara kerja sistem pengapian.
    • Tanda-tanda kerusakan pada sistem pengapian.
    • Prosedur pemeriksaan dan pemeliharaan sistem pengapian.
    • Penggantian komponen yang rusak atau aus.
  3. Sesi Tanya Jawab:
    • Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mendiskusikan materi yang telah dijelaskan untuk memastikan pemahaman mereka.

4. Elaborate (Elaborasi)

Tujuan: Menerapkan pengetahuan melalui aplikasi praktis.

Kegiatan:

  1. Workshop Praktik:
    • Instruksikan siswa untuk melakukan perawatan pada sistem pengapian kendaraan yang nyata.
    • Sediakan semua alat dan perlengkapan keselamatan yang diperlukan.
    • Bimbing siswa melalui setiap langkah, dari mendiagnosis masalah hingga melakukan perbaikan dan penggantian komponen yang diperlukan.
  2. Masalah Berdasarkan Skenario:
    • Berikan siswa berbagai skenario masalah (misalnya, busi tidak mengeluarkan percikan api, kendaraan tidak mau menyala).
    • Siswa akan mendiagnosis masalah tersebut dan melakukan tugas perawatan yang sesuai.

5. Evaluate (Evaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan yang diperoleh selama pembelajaran.

Kegiatan:

  1. Penilaian Praktik:
    • Setiap siswa akan secara individu melakukan pemeriksaan perawatan dan perbaikan lengkap pada sistem pengapian.
    • Evaluasi berdasarkan rubrik yang mencakup kriteria seperti ketepatan diagnosis, penggunaan alat yang benar, dan efektivitas perbaikan.
  2. Tes Tertulis:
    • Berikan tes tertulis yang mencakup aspek teoretis dari perawatan sistem pengapian.
    • Sertakan pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat, dan diagram untuk dilabeli.

Bahan dan Sumber Daya:

  1. Alat dan Perlengkapan:
    • Komponen sistem pengapian (busi, koil pengapian, distributor, modul pengapian, dll.)
    • Alat tangan dasar (obeng, tang, dll.)
    • Multimeter untuk pengujian listrik
    • Suku cadang pengganti (busi, kabel busi, koil pengapian)
  2. Bantuan Instruksional:
    • Proyektor multimedia
    • Klip video
    • Diagram dan skema
    • Manual dan panduan perawatan

Pertimbangan Keamanan:

  • Pastikan siswa menggunakan peralatan pelindung diri (sarung tangan, kacamata keselamatan).
  • Berikan instruksi tentang penggunaan alat yang aman dan penanganan komponen listrik.

Refleksi:

Setelah pelajaran, kumpulkan umpan balik siswa untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai. Refleksikan efektivitas kegiatan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk pelajaran di masa mendatang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment