News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan sistem AC (Air Conditioner)

Melakukan perawatan sistem AC (Air Conditioner)

Modul Ajar Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Otomotif

Kelas: XII TKR

Topik: Melakukan Perawatan Sistem AC

Melakukan perawatan sistem AC (Air Conditioner)

1. Engage (Pendahuluan)

Tujuan: Menarik minat dan menilai pengetahuan awal siswa tentang sistem AC (Air Conditioning) pada kendaraan.

Kegiatan:

  1. Diskusi Pembuka:
    • Tanyakan kepada siswa apakah mereka pernah mengalami masalah dengan AC kendaraan mereka.
  2. Pertanyaan yang bisa diajukan:
    • Apa yang kalian lakukan jika AC kendaraan kalian tidak dingin?
    • Menurut kalian, apa penyebab utama AC kendaraan bisa tidak berfungsi dengan baik?
  3. Tampilkan Video:
    • Putar video singkat yang menjelaskan cara kerja sistem AC pada kendaraan.
    • Buatlah siswa tertarik dengan memberikan contoh nyata bagaimana sistem AC mempengaruhi kenyamanan berkendara.
  4. Tujuan:
    • Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang pentingnya sistem AC dan bagaimana cara merawatnya.

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Menyelidiki komponen dan fungsi dari sistem AC pada kendaraan.

Kegiatan:

  1. Kegiatan Praktik:
    • Bagilah siswa ke dalam kelompok kecil.
    • Sediakan setiap kelompok dengan satu set komponen sistem AC (kompresor, kondensor, evaporator, katup ekspansi, dll.).
    • Minta setiap kelompok untuk membongkar dan merakit kembali sistem AC, sambil mengidentifikasi komponen utama dan fungsinya.
  2. Observasi dan Pencatatan:
    • Siswa mengamati bagian-bagian tersebut dan mencatat fungsinya serta bagaimana mereka terhubung satu sama lain.
    • Gunakan diagram dan skema untuk membantu pemahaman.

3. Explain (Penjelasan)

Tujuan: Memberikan penjelasan rinci tentang perawatan sistem AC.

Kegiatan:

  1. Kuliah Interaktif:
    • Berikan penjelasan rinci tentang komponen utama sistem AC, seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan katup ekspansi.
    • Gunakan presentasi multimedia termasuk slide, video, dan animasi untuk menggambarkan konsep.
  2. Bahas topik-topik seperti:
    • Cara kerja sistem AC.
    • Tanda-tanda kerusakan pada sistem AC.
    • Prosedur pemeriksaan dan pemeliharaan sistem AC.
    • Penggantian komponen yang rusak atau aus.
    • Pengisian ulang refrigeran.
  3. Sesi Tanya Jawab:
    • Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mendiskusikan materi yang telah dijelaskan untuk memastikan pemahaman mereka.

4. Elaborate (Elaborasi)

Tujuan: Menerapkan pengetahuan melalui aplikasi praktis.

Kegiatan:

  1. Workshop Praktik:
    • Instruksikan siswa untuk melakukan perawatan pada sistem AC kendaraan yang nyata.
    • Sediakan semua alat dan perlengkapan keselamatan yang diperlukan.
    • Bimbing siswa melalui setiap langkah, dari mendiagnosis masalah hingga melakukan perbaikan dan penggantian komponen yang diperlukan.
  2. Masalah Berdasarkan Skenario:
    • Berikan siswa berbagai skenario masalah (misalnya, AC tidak dingin, ada kebocoran refrigeran).
    • Siswa akan mendiagnosis masalah tersebut dan melakukan tugas perawatan yang sesuai.

5. Evaluate (Evaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan yang diperoleh selama pembelajaran.

Kegiatan:

  1. Penilaian Praktik:
    • Setiap siswa akan secara individu melakukan pemeriksaan perawatan dan perbaikan lengkap pada sistem AC.
    • Evaluasi berdasarkan rubrik yang mencakup kriteria seperti ketepatan diagnosis, penggunaan alat yang benar, dan efektivitas perbaikan.
  2. Tes Tertulis:
    • Berikan tes tertulis yang mencakup aspek teoretis dari perawatan sistem AC.
    • Sertakan pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat, dan diagram untuk dilabeli.

Bahan dan Sumber Daya:

  1. Alat dan Perlengkapan:
    • Komponen sistem AC (kompresor, kondensor, evaporator, katup ekspansi, dll.)
    • Alat tangan dasar (obeng, tang, dll.)
    • Manifold gauge set untuk mengukur tekanan refrigeran
    • Vacuum pump untuk menghilangkan udara dan kelembaban dari sistem
    • Refrigeran untuk pengisian ulang
    • Suku cadang pengganti (filter dryer, O-ring, dll.)
  2. Bantuan Instruksional:
    • Proyektor multimedia
    • Klip video
    • Diagram dan skema
    • Manual dan panduan perawatan

Pertimbangan Keamanan:

  • Pastikan siswa menggunakan peralatan pelindung diri (sarung tangan, kacamata keselamatan).
  • Berikan instruksi tentang penggunaan alat yang aman dan penanganan refrigeran yang benar.
  • Instruksikan siswa tentang prosedur penanganan kebocoran refrigeran yang aman dan ramah lingkungan.

Refleksi:

Setelah pelajaran, kumpulkan umpan balik siswa untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai. Refleksikan efektivitas kegiatan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk pelajaran di masa mendatang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment