News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan engine management system (EMS)

Melakukan perawatan engine management system (EMS)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Melakukan Perawatan Engine Management System (EMS)

Waktu: 2 x 45 menit

Modul Ajar Melakukan perawatan engine management system (EMS)

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menjelaskan konsep dasar dari Engine Management System (EMS).
  2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama EMS yang memerlukan perawatan.
  3. Siswa dapat melakukan perawatan EMS sesuai dengan prosedur yang benar.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat siswa dan memperkenalkan konsep EMS.

Kegiatan:

  1. Guru memulai dengan menampilkan gambar atau video singkat yang menjelaskan konsep dasar EMS.
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk merangsang diskusi, seperti:
    • "Apa yang Anda ketahui tentang Engine Management System (EMS)?"
    • "Mengapa penting untuk merawat EMS pada kendaraan?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen-komponen utama EMS dan pentingnya perawatannya.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu komponen utama EMS, seperti sensor, ECU (Electronic Control Unit), injektor bahan bakar, atau sistem pengapian.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, pentingnya perawatan, dan langkah-langkah yang diperlukan.
  4. Setiap kelompok mempersiapkan laporan singkat untuk dipresentasikan di kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep EMS dan pentingnya perawatan.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep EMS dan pentingnya perawatan teratur.
  3. Guru mengaitkan konsep dengan aplikasi dunia nyata, seperti dampak peningkatan kinerja dan efisiensi bahan bakar.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Mempraktikkan perawatan EMS dalam konteks bengkel.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk merawat komponen EMS pada kendaraan yang sudah ditentukan.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan saat diperlukan.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam merawat EMS.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat tentang konsep EMS dan langkah-langkah perawatannya.
  2. Praktik perawatan dievaluasi secara formatif oleh guru, dengan memberikan umpan balik langsung kepada siswa.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang mengharuskan siswa mencari contoh masalah EMS dalam kendaraan dan mengeksplorasi solusinya.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Gambar atau video tentang EMS
  2. Materi referensi tentang komponen EMS
  3. Kendaraan untuk praktik perawatan EMS
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk perawatan EMS (jika diperlukan)

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik perawatan EMS
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Engine Management System (EMS)". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment