Melakukan perawatan sistem pemasukan, pembuangan dan control emisi

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Melakukan Perawatan Sistem Pemasukan, Pembuangan, dan Kontrol Emisi

Waktu: 2 x 45 menit

Modul Ajar Melakukan perawatan sistem pemasukan, pembuangan dan control emisi

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami pentingnya sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi pada kendaraan.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama dari sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
  3. Siswa mampu melakukan perawatan rutin pada sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat siswa dan memperkenalkan konsep sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.

Kegiatan:

  1. Guru memperlihatkan gambar atau video tentang sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi pada kendaraan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
    • "Apa yang Anda ketahui tentang sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi pada kendaraan?"
    • "Mengapa penting untuk merawat sistem ini secara berkala?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen-komponen utama dari sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu komponen utama dari sistem tersebut, seperti intake manifold, katalis konverter, sensor oksigen, dll.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, peran, dan cara merawat komponen tersebut.
  4. Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi serta pentingnya perawatannya.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
  3. Guru menjelaskan pentingnya perawatan rutin untuk menjaga performa dan efisiensi kendaraan serta meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Mempraktikkan perawatan rutin pada sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perawatan pada komponen-komponen sistem tersebut, seperti membersihkan throttle body, mengganti filter udara, atau memeriksa kondisi katalis konverter.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan perawatan sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep sistem dan langkah-langkah perawatannya.
  2. Guru mengevaluasi praktik perawatan siswa dan memberikan umpan balik langsung.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pengamatan lebih lanjut tentang kendaraan di sekitar mereka dan mengidentifikasi komponen-komponen sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi yang memerlukan perawatan.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Gambar atau video tentang sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi
  2. Materi referensi tentang komponen sistem
  3. Kendaraan untuk praktik perawatan
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk perawatan

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik perawatan sistem
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Sistem Pemasukan, Pembuangan, dan Kontrol Emisi". Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Melakukan perawatan sistem pemasukan, pembuangan dan control emisi"