News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mengelola alat dan bahan (sparepart)

Mengelola alat dan bahan (sparepart)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Mengelola Alat dan Bahan (Sparepart)

Waktu: 2 x 45 menit

RPP Mengelola alat dan bahan (sparepart)

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai alat dan bahan (sparepart) yang digunakan dalam servis kendaraan.
  2. Siswa dapat menjelaskan prosedur pengelolaan alat dan bahan (sparepart) secara efektif dan efisien.
  3. Siswa dapat menerapkan pengetahuan tentang pengelolaan alat dan bahan (sparepart) dalam simulasi atau praktik di bengkel sekolah.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.

Kegiatan:

  • Guru memulai dengan menampilkan video tentang pentingnya pengelolaan alat dan bahan (sparepart) di bengkel kendaraan.
  • Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
    • "Apa yang terjadi jika alat dan bahan di bengkel tidak dikelola dengan baik?"
    • "Pernahkah kalian melihat atau mengalami kekurangan sparepart ketika servis kendaraan?"

Waktu: 10 menit


2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti satu aspek dari pengelolaan alat dan bahan (sparepart) seperti inventarisasi, penyimpanan, pengadaan, dan pemeliharaan.
  3. Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang aspek yang ditugaskan.
  4. Setiap kelompok membuat diagram atau flowchart yang menjelaskan prosedur dan praktik terbaik dalam pengelolaan aspek yang diteliti.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan diagram atau flowchart mereka kepada kelas.
  2. Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
  3. Guru menghubungkan aspek-aspek pengelolaan ini ke keseluruhan proses pengelolaan alat dan bahan (sparepart) di bengkel.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi baru atau lebih kompleks.

Kegiatan:

  1. Siswa diberi skenario kasus nyata di mana mereka harus merancang sistem pengelolaan alat dan bahan (sparepart) untuk bengkel sekolah.
  2. Siswa bekerja dalam kelompok untuk merancang dan menyusun prosedur lengkap pengelolaan alat dan bahan berdasarkan skenario yang diberikan.
  3. Setiap kelompok kemudian mempresentasikan rencana mereka dan mendapatkan umpan balik dari teman sekelas dan guru.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Kegiatan:

  1. Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang pengelolaan alat dan bahan (sparepart).
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan diskusi kelas sebelumnya.
  3. Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam karir di masa depan.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati pengelolaan alat dan bahan (sparepart) di bengkel terdekat dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video tentang pengelolaan alat dan bahan (sparepart)
  2. Buku teks dan artikel
  3. Poster dan spidol
  4. Komputer atau tablet untuk pencarian online

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
  2. Presentasi kelompok
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Mengelola Alat dan Bahan (Sparepart)". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment