Memahami sistem control elektronik kendaraan ringan

Modul Ajar Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Otomotif

Kelas: XII TKR

Topik: Memahami Sistem Kontrol Elektronik Kendaraan Ringan

modul ajar Memahami sistem control elektronik kendaraan ringan

1. Engage (Pendahuluan)

Tujuan: Menarik minat dan menilai pengetahuan awal siswa tentang sistem kontrol elektronik pada kendaraan ringan.

Kegiatan:

  1. Diskusi Pembuka:
    • Tanyakan kepada siswa apakah mereka tahu tentang sistem kontrol elektronik pada kendaraan mereka.
  2. Pertanyaan yang bisa diajukan:
    • Apa saja sistem kontrol elektronik yang kalian ketahui pada kendaraan?
    • Pernahkah kalian mengalami masalah dengan sistem kontrol elektronik kendaraan?
  3. Tampilkan Video:
    • Putar video singkat yang menjelaskan berbagai sistem kontrol elektronik pada kendaraan ringan, seperti ECU (Engine Control Unit), sensor, aktuator, dan sistem CAN (Controller Area Network).
    • Buatlah siswa tertarik dengan memberikan contoh nyata bagaimana sistem kontrol elektronik bekerja untuk mengoptimalkan performa kendaraan.
  4. Tujuan:
    • Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang pentingnya sistem kontrol elektronik dan bagaimana mereka bekerja.

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Menyelidiki komponen dan fungsi dari sistem kontrol elektronik pada kendaraan ringan.

Kegiatan:

  1. Kegiatan Praktik:
    • Bagilah siswa ke dalam kelompok kecil.
    • Sediakan setiap kelompok dengan satu set komponen sistem kontrol elektronik (ECU, sensor, aktuator, kabel, dll.).
    • Minta setiap kelompok untuk membongkar dan merakit kembali sistem kontrol elektronik, sambil mengidentifikasi komponen utama dan fungsinya.
  2. Observasi dan Pencatatan:
    • Siswa mengamati bagian-bagian tersebut dan mencatat fungsinya serta bagaimana mereka terhubung satu sama lain.
    • Gunakan diagram dan skema untuk membantu pemahaman.

3. Explain (Penjelasan)

Tujuan: Memberikan penjelasan rinci tentang sistem kontrol elektronik pada kendaraan ringan.

Kegiatan:

  1. Kuliah Interaktif:
    • Berikan penjelasan rinci tentang komponen utama sistem kontrol elektronik, seperti ECU, sensor, aktuator, dan sistem CAN.
    • Gunakan presentasi multimedia termasuk slide, video, dan animasi untuk menggambarkan konsep.
  2. Bahas topik-topik seperti:
    • Cara kerja setiap komponen dalam sistem kontrol elektronik.
    • Tanda-tanda kerusakan pada sistem kontrol elektronik.
    • Prosedur pemeriksaan dan pemeliharaan sistem kontrol elektronik.
    • Penggantian komponen yang rusak atau aus.
  3. Sesi Tanya Jawab:
    • Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mendiskusikan materi yang telah dijelaskan untuk memastikan pemahaman mereka.

4. Elaborate (Elaborasi)

Tujuan: Menerapkan pengetahuan melalui aplikasi praktis.

Kegiatan:

  1. Workshop Praktik:
    • Instruksikan siswa untuk memeriksa dan memelihara sistem kontrol elektronik pada kendaraan nyata.
    • Sediakan semua alat dan perlengkapan keselamatan yang diperlukan.
    • Bimbing siswa melalui setiap langkah, dari mendiagnosis masalah hingga melakukan perbaikan dan penggantian komponen yang diperlukan.
  2. Masalah Berdasarkan Skenario:
    • Berikan siswa berbagai skenario masalah (misalnya, sensor tidak berfungsi, masalah komunikasi pada sistem CAN).
    • Siswa akan mendiagnosis masalah tersebut dan melakukan tugas perawatan yang sesuai.

5. Evaluate (Evaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan yang diperoleh selama pembelajaran.

Kegiatan:

  1. Penilaian Praktik:
    • Setiap siswa akan secara individu melakukan pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan sistem kontrol elektronik.
    • Evaluasi berdasarkan rubrik yang mencakup kriteria seperti ketepatan diagnosis, penggunaan alat yang benar, dan efektivitas perbaikan.
  2. Tes Tertulis:
    • Berikan tes tertulis yang mencakup aspek teoretis dari sistem kontrol elektronik kendaraan ringan.
    • Sertakan pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat, dan diagram untuk dilabeli.

Bahan dan Sumber Daya:

  1. Alat dan Perlengkapan:
    • Komponen sistem kontrol elektronik (ECU, sensor, aktuator, kabel, dll.)
    • Alat tangan dasar (obeng, tang, dll.)
    • Multimeter untuk pengujian listrik
    • Suku cadang pengganti (sensor, modul, dll.)
  2. Bantuan Instruksional:
    • Proyektor multimedia
    • Klip video
    • Diagram dan skema
    • Manual dan panduan perawatan

Pertimbangan Keamanan:

  • Pastikan siswa menggunakan peralatan pelindung diri (sarung tangan, kacamata keselamatan).
  • Berikan instruksi tentang penggunaan alat yang aman dan penanganan komponen listrik.
  • Instruksikan siswa tentang prosedur penanganan komponen elektronik yang aman dan ramah lingkungan.

Refleksi:

Setelah pelajaran, kumpulkan umpan balik siswa untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai. Refleksikan efektivitas kegiatan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk pelajaran di masa mendatang.

Masukan dari Toyota Tanjungpinang:

Bahas materi: Scan Tools, GTS dan alat Ukur

Post a Comment for "Memahami sistem control elektronik kendaraan ringan"