News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mengidentifikasi sumber energi dan jenis – jenis sumber energi kendaraan ringan

Mengidentifikasi sumber energi dan jenis – jenis sumber energi kendaraan ringan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran: Konversi Energi Kendaraan Ringan

Kelas/Semester: XI/1

Materi: Jenis-jenis Sumber Energi Kendaraan Ringan

Waktu: 2 x 40 menit

RPP Mengidentifikasi sumber energi dan jenis – jenis sumber energi kendaraan ringan

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai jenis sumber energi yang digunakan dalam kendaraan ringan.
  2. Siswa dapat menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis sumber energi.
  3. Siswa dapat mengevaluasi penggunaan sumber energi alternatif untuk kendaraan ringan.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari.

Kegiatan:

Guru memulai dengan menampilkan video pendek tentang berbagai jenis kendaraan ringan (misalnya sepeda motor, mobil listrik, dan mobil hybrid) dan sumber energi yang digunakan.

Guru mengajukan pertanyaan pemantik, seperti:

  1. "Apa saja jenis bahan bakar yang kalian ketahui?"
  2. "Mengapa penting untuk mengetahui jenis-jenis sumber energi untuk kendaraan?"

Waktu: 10 menit


2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.


Kegiatan:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok diberikan tugas untuk meneliti satu jenis sumber energi (misalnya bensin, diesel, listrik, dan hybrid).
  3. Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang sumber energi yang ditugaskan.
  4. Setiap kelompok membuat poster yang menjelaskan cara kerja, kelebihan, dan kekurangan dari sumber energi yang diteliti.

Waktu: 20 menit


3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.


Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan poster mereka kepada kelas.
  2. Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
  3. Guru membahas sumber energi tambahan yang belum disebutkan, seperti hidrogen dan energi matahari.

Waktu: 20 menit


4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi baru atau lebih kompleks.


Kegiatan:

  1. Siswa diminta untuk berpartisipasi dalam debat kelas tentang sumber energi terbaik untuk kendaraan ringan.
  2. Setiap kelompok harus mempertahankan kelebihan dari sumber energi yang mereka pelajari sambil mengkritisi sumber energi lain.
  3. Guru memfasilitasi diskusi dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan panduan.

Waktu: 20 menit


5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.


Kegiatan:

  1. Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang jenis-jenis sumber energi kendaraan ringan.
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan diskusi kelas sebelumnya.
  3. Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana informasi ini relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Waktu: 20 menit


Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah untuk mencari contoh kendaraan ringan yang menggunakan sumber energi alternatif dan menuliskan laporan singkat tentang penggunaannya.

Waktu: 10 menit


Alat dan Bahan:

  1. Video tentang jenis-jenis kendaraan ringan
  2. Buku teks dan artikel
  3. Poster dan spidol
  4. Komputer atau tablet untuk pencarian online

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
  2. Presentasi kelompok
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Jenis-jenis Sumber Energi Kendaraan Ringan". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment