News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tindakan yang dilakukan ditahap mengorganisasi siswa pada problem based learning

Tindakan yang dilakukan ditahap mengorganisasi siswa pada problem based learning

Dalam pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL), tahap mengorganisasi siswa adalah langkah penting untuk memastikan bahwa mereka siap menghadapi dan menyelesaikan masalah yang diberikan. Berikut adalah beberapa tindakan yang dilakukan pada tahap ini:

  1. Membentuk Kelompok:
    • Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen untuk memastikan keberagaman pemikiran dan keterampilan.
    • Setiap kelompok idealnya terdiri dari 4-6 siswa.
  2. Menyusun Aturan Kelompok:
    • Menyepakati aturan dan tanggung jawab setiap anggota kelompok.
    • Menentukan peran-peran khusus dalam kelompok, seperti pemimpin diskusi, pencatat, pencari informasi, dan presenter.
  3. Menyediakan Masalah yang Relevan:
    • Memberikan masalah yang autentik dan relevan dengan kehidupan nyata serta menarik minat siswa.
    • Masalah harus cukup kompleks sehingga menantang, tetapi tetap dalam jangkauan pemahaman siswa.
  4. Memberikan Panduan dan Sumber Daya:
    • Menyediakan sumber daya atau referensi awal yang dapat digunakan siswa untuk memahami masalah.
  5. Mengarahkan siswa pada teknik pencarian informasi dan penggunaan sumber daya yang ada.
    • Menjelaskan Tujuan dan Prosedur PBL:
    • Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan hasil yang diharapkan dari kegiatan PBL.
    • Menjelaskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam proses pemecahan masalah, seperti identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan solusi.
  6. Fasilitasi Diskusi Kelompok Awal:
    • Memfasilitasi diskusi awal di dalam kelompok untuk memahami masalah yang diberikan.
    • Membantu siswa dalam mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka pelajari, dan bagaimana mereka akan mendapatkan informasi tersebut.
  7. Mengatur Waktu dan Jadwal:
    • Menentukan batas waktu untuk setiap tahap proses pemecahan masalah.
    • Menyusun jadwal pertemuan dan aktivitas kelompok agar proses berjalan terstruktur dan sesuai dengan waktu yang tersedia.
  8. Menyediakan Alat dan Media yang Diperlukan:
    • Menyediakan akses ke komputer, internet, perpustakaan, dan alat-alat lainnya yang diperlukan untuk penelitian.
    • Memastikan bahwa semua kelompok memiliki akses yang sama ke sumber daya tersebut.

Tahap mengorganisasi siswa bertujuan untuk memastikan bahwa mereka siap secara mental dan logistik untuk bekerja secara efektif dalam kelompok serta memahami dan memecahkan masalah yang kompleks. Tindakan-tindakan ini juga membantu menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan mendukung, yang penting untuk keberhasilan pembelajaran berbasis masalah.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment