News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tindakan ditahap mengembangkan dan menyajikan hasil pada problem based learning

Tindakan ditahap mengembangkan dan menyajikan hasil pada problem based learning

Pada tahap mengembangkan dan menyajikan hasil dalam pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL), siswa mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan hasil dari penyelidikan mereka. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam proses ini. Berikut adalah beberapa tindakan yang dilakukan pada tahap ini:

  1. Mengorganisasi Informasi dan Data:
    • Membimbing siswa untuk mengorganisasi informasi dan data yang telah dikumpulkan selama penyelidikan.
    • Mendorong penggunaan alat bantu seperti peta konsep, diagram, atau tabel untuk menyusun informasi secara sistematis.
  2. Mengembangkan Solusi atau Produk Akhir:
    • Membantu siswa dalam mengembangkan solusi yang kreatif dan praktis berdasarkan analisis data mereka.
    • Mendorong siswa untuk menghasilkan produk akhir yang relevan, seperti laporan tertulis, presentasi, poster, model, atau video.
  3. Memberikan Panduan dalam Penyusunan Laporan:
    • Memberikan panduan mengenai format dan struktur laporan yang harus disusun oleh siswa.
    • Membimbing dalam penulisan laporan yang jelas dan terstruktur, mencakup pendahuluan, metodologi, hasil, analisis, dan kesimpulan.
  4. Mempersiapkan Presentasi:
    • Membantu siswa mempersiapkan presentasi hasil kerja mereka, termasuk memilih media presentasi yang sesuai (misalnya, slide PowerPoint, poster, video).
    • Mengarahkan siswa dalam menyusun poin-poin utama yang akan disampaikan dan cara menyajikan informasi dengan menarik dan efektif.
  5. Melatih Keterampilan Presentasi:
    • Memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih presentasi di depan teman-teman atau guru.
    • Memberikan umpan balik konstruktif mengenai cara berbicara di depan umum, penggunaan bahasa tubuh, dan pengelolaan waktu.
  6. Menyajikan Hasil Penyelidikan:
    • Mengatur sesi presentasi di mana setiap kelompok menyajikan hasil penyelidikan mereka kepada kelas atau audiens yang lebih luas.
    • Mengatur sesi tanya jawab setelah presentasi untuk mengeksplorasi lebih lanjut hasil dan temuan yang disajikan.
  7. Mengevaluasi Hasil dan Proses:
    • Mengevaluasi hasil kerja siswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, seperti kedalaman analisis, kreativitas solusi, kualitas presentasi, dan kerjasama tim.
    • Melakukan evaluasi proses, termasuk bagaimana siswa bekerja dalam kelompok, mengatasi tantangan, dan menerapkan strategi pembelajaran.
  8. Refleksi dan Umpan Balik:
    • Mengajak siswa untuk merefleksikan pengalaman mereka selama proses PBL, apa yang telah mereka pelajari, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka di masa depan.
    • Memberikan umpan balik yang mendalam mengenai kinerja siswa, baik dalam hal konten maupun proses.
  9. Menyimpan dan Mendistribusikan Hasil:
    • Membantu siswa mendokumentasikan hasil penyelidikan mereka dalam bentuk yang dapat disimpan atau didistribusikan, seperti dokumen digital atau publikasi.
    • Mendorong siswa untuk berbagi hasil kerja mereka dengan komunitas yang lebih luas, seperti melalui blog, media sosial, atau pameran sekolah.
  10. Mengintegrasikan Pembelajaran:
    • Membantu siswa menghubungkan hasil penyelidikan mereka dengan konsep dan teori yang telah dipelajari sebelumnya.
    • Mendorong siswa untuk melihat aplikasi nyata dari pengetahuan yang telah mereka kembangkan dan bagaimana itu dapat diterapkan dalam konteks lain.

Dengan tindakan-tindakan ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil penyelidikan mereka dengan efektif, baik secara lisan maupun tertulis, serta memperoleh keterampilan yang berguna dalam presentasi dan kolaborasi. Guru berperan penting dalam membimbing siswa melalui proses ini, memastikan bahwa mereka dapat mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment