News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan spooring dan balancing

Melakukan spooring dan balancing

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XII/1

Materi: Melakukan Spooring dan Balancing

Waktu: 2 x 45 menit

modul ajar Melakukan spooring dan balancing

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami fungsi dan manfaat spooring dan balancing.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah melakukan spooring dan balancing.
  3. Siswa mampu melakukan spooring dan balancing dengan benar dan aman.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Memotivasi siswa dan memperkenalkan konsep spooring dan balancing.

Kegiatan:

  1. Guru menampilkan video singkat atau demonstrasi langsung tentang pentingnya spooring dan balancing pada kendaraan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
    • "Apa yang Anda ketahui tentang spooring dan balancing?"
    • "Mengapa penting untuk melakukan spooring dan balancing pada kendaraan?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi konsep dan proses spooring dan balancing.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu aspek dari spooring dan balancing, seperti pengertian spooring, pengertian balancing, alat-alat yang digunakan, atau tanda-tanda kendaraan memerlukan spooring dan balancing.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, cara kerja, dan langkah-langkah melakukan spooring dan balancing.
  4. Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep spooring dan balancing serta pentingnya perawatan tersebut.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang fungsi, cara kerja, dan manfaat melakukan spooring dan balancing.
  3. Guru menjelaskan pentingnya melakukan spooring dan balancing untuk menjaga kestabilan dan kenyamanan berkendara serta menghindari keausan ban yang tidak merata.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Memperdalam pemahaman siswa dengan praktek langsung.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan spooring dan balancing pada kendaraan yang sudah ditentukan.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan spooring dan balancing.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep spooring dan balancing, langkah-langkah melakukan perawatan tersebut, dan alat-alat yang digunakan.
  2. Guru mengevaluasi praktik spooring dan balancing siswa dan memberikan umpan balik langsung.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang masalah umum yang terjadi akibat kurangnya spooring dan balancing serta cara mengatasinya.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video atau demonstrasi tentang pentingnya spooring dan balancing
  2. Materi referensi tentang komponen dan proses spooring dan balancing
  3. Kendaraan atau model sistem roda untuk praktek spooring dan balancing
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk praktek spooring dan balancing

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik spooring dan balancing
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Spooring dan Balancing". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment