News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan sistem lampu tanda

Melakukan perawatan sistem lampu tanda

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XII/1

Materi: Melakukan Perawatan Sistem Lampu Tanda Kendaraan

Waktu: 2 x 45 menit

modul ajar Melakukan perawatan sistem lampu tanda

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami fungsi dan komponen utama dari sistem lampu tanda kendaraan.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah perawatan sistem lampu tanda kendaraan.
  3. Siswa mampu melakukan perawatan sistem lampu tanda kendaraan dengan benar dan aman.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Memotivasi siswa dan memperkenalkan konsep perawatan sistem lampu tanda kendaraan.

Kegiatan:

  1. Guru menampilkan video singkat atau demonstrasi langsung tentang pentingnya lampu tanda kendaraan (lampu sein, lampu rem, lampu mundur).
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
    • "Apa fungsi dari lampu tanda pada kendaraan?"
    • "Mengapa penting untuk memastikan lampu tanda pada kendaraan selalu berfungsi dengan baik?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen utama dari sistem lampu tanda kendaraan dan proses perawatannya.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu aspek dari sistem lampu tanda kendaraan, seperti jenis-jenis lampu tanda (seperti lampu sein, lampu rem, lampu mundur), kabel, sekering, soket, atau saklar.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, cara kerja, dan langkah-langkah perawatan dari masing-masing aspek tersebut.
  4. Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep perawatan sistem lampu tanda kendaraan serta pentingnya perawatan tersebut.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang fungsi, cara kerja, dan perawatan sistem lampu tanda kendaraan.
  3. Guru menjelaskan pentingnya perawatan rutin untuk menjaga kinerja sistem lampu tanda serta menghindari kerusakan yang lebih parah.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Memperdalam pemahaman siswa dengan praktek langsung.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perawatan sistem lampu tanda pada kendaraan yang sudah ditentukan.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan perawatan sistem lampu tanda kendaraan.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep sistem lampu tanda, langkah-langkah perawatan, dan teknik perawatan sistem lampu tanda.
  2. Guru mengevaluasi praktik perawatan sistem lampu tanda siswa dan memberikan umpan balik langsung.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang masalah umum yang terjadi pada sistem lampu tanda kendaraan serta cara mengatasinya.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video atau demonstrasi tentang pentingnya perawatan sistem lampu tanda kendaraan
  2. Materi referensi tentang komponen dan perawatan sistem lampu tanda kendaraan
  3. Kendaraan atau model sistem lampu tanda untuk praktek perawatan
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk praktek perawatan sistem lampu tanda

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik perawatan sistem lampu tanda
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Sistem Lampu Tanda Kendaraan". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment