News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan jaringan kelistrikan

Melakukan perawatan jaringan kelistrikan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XII/1

Materi: Melakukan Perawatan Jaringan Kelistrikan Kendaraan

Waktu: 2 x 45 menit

modul ajar Melakukan perawatan jaringan kelistrikan

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami fungsi dan komponen utama dari jaringan kelistrikan kendaraan.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah perawatan jaringan kelistrikan kendaraan.
  3. Siswa mampu melakukan perawatan jaringan kelistrikan kendaraan dengan benar dan aman.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Memotivasi siswa dan memperkenalkan konsep perawatan jaringan kelistrikan kendaraan.

Kegiatan:

  1. Guru menampilkan video singkat atau demonstrasi langsung tentang pentingnya perawatan jaringan kelistrikan kendaraan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
    • "Apa yang Anda ketahui tentang fungsi jaringan kelistrikan pada kendaraan?"
    • "Mengapa penting untuk melakukan perawatan rutin pada jaringan kelistrikan kendaraan?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen utama dari jaringan kelistrikan kendaraan dan proses perawatannya.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu aspek dari jaringan kelistrikan kendaraan, seperti baterai, alternator, kabel-kabel, sekering, atau lampu-lampu.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, cara kerja, dan langkah-langkah perawatan dari masing-masing aspek tersebut.
  4. Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep perawatan jaringan kelistrikan kendaraan serta pentingnya perawatan tersebut.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang fungsi, cara kerja, dan perawatan jaringan kelistrikan kendaraan.
  3. Guru menjelaskan pentingnya perawatan rutin untuk menjaga kinerja jaringan kelistrikan serta menghindari kerusakan yang lebih parah.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Memperdalam pemahaman siswa dengan praktek langsung.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perawatan jaringan kelistrikan pada kendaraan yang sudah ditentukan.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan perawatan jaringan kelistrikan kendaraan.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep jaringan kelistrikan, langkah-langkah perawatan, dan teknik perawatan jaringan kelistrikan.
  2. Guru mengevaluasi praktik perawatan jaringan kelistrikan siswa dan memberikan umpan balik langsung.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang masalah umum yang terjadi pada jaringan kelistrikan kendaraan serta cara mengatasinya.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video atau demonstrasi tentang pentingnya perawatan jaringan kelistrikan kendaraan
  2. Materi referensi tentang komponen dan perawatan jaringan kelistrikan kendaraan
  3. Kendaraan atau model sistem kelistrikan untuk praktek perawatan
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk praktek perawatan jaringan kelistrikan

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik perawatan jaringan kelistrikan
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Jaringan Kelistrikan Kendaraan". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment