News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melakukan perawatan dan overhaul sistem suspensi

Melakukan perawatan dan overhaul sistem suspensi

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XII/1

Materi: Melakukan Perawatan dan Overhaul Sistem Suspensi

Waktu: 2 x 45 menit

modul ajar Melakukan perawatan dan overhaul sistem suspensi

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami fungsi dan komponen utama dari sistem suspensi.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah perawatan dan overhaul sistem suspensi.
  3. Siswa mampu melakukan perawatan dan overhaul sistem suspensi dengan benar dan aman.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Memotivasi siswa dan memperkenalkan konsep perawatan dan overhaul sistem suspensi.

Kegiatan:

  1. Guru menampilkan video singkat atau demonstrasi langsung tentang cara kerja sistem suspensi pada kendaraan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
    • "Apa yang Anda ketahui tentang fungsi sistem suspensi pada kendaraan?"
    • "Mengapa penting untuk melakukan perawatan rutin pada sistem suspensi?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen utama dari sistem suspensi dan proses perawatannya.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu komponen utama dari sistem suspensi, seperti peredam kejut (shock absorber), pegas (spring), lengan suspensi (control arm), atau bushing.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, cara kerja, dan langkah-langkah perawatan dan overhaul dari masing-masing komponen tersebut.
  4. Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep perawatan dan overhaul sistem suspensi serta pentingnya perawatannya.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang fungsi, cara kerja, dan perawatan sistem suspensi.
  3. Guru menjelaskan pentingnya perawatan rutin dan overhaul untuk menjaga kinerja sistem suspensi serta menghindari kerusakan yang lebih parah.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Memperdalam pemahaman siswa dengan praktek langsung.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perawatan dan overhaul pada sistem suspensi kendaraan yang sudah ditentukan.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan perawatan dan overhaul sistem suspensi.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep sistem suspensi, langkah-langkah perawatan, dan overhaul.
  2. Guru mengevaluasi praktik perawatan dan overhaul siswa dan memberikan umpan balik langsung.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang masalah umum yang terjadi pada sistem suspensi dan cara mengatasinya.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video atau demonstrasi tentang cara kerja sistem suspensi
  2. Materi referensi tentang komponen dan perawatan sistem suspensi
  3. Kendaraan atau model sistem suspensi untuk praktek perawatan dan overhaul
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk praktek perawatan dan overhaul

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik perawatan dan overhaul sistem suspensi
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan dan Overhaul Sistem Suspensi". Semoga bermanfaat!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment