News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Langkah tahap pengumpulan data dalam Discovery Learning

Langkah tahap pengumpulan data dalam Discovery Learning

Pada tahap pengumpulan data dalam Discovery Learning, siswa aktif mencari dan mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis yang telah mereka rumuskan. Guru berperan sebagai fasilitator untuk membantu siswa dalam proses ini. Berikut adalah beberapa tindakan yang dilakukan pada tahap ini:

  1. Mengidentifikasi Sumber Data:
    • Membimbing siswa dalam mengidentifikasi berbagai sumber data yang relevan dan dapat dipercaya, seperti buku, artikel ilmiah, situs web, database, dan sumber daya lainnya.
    • Menyarankan sumber data primer (wawancara, survei, eksperimen) dan sekunder (literatur, laporan penelitian).
  2. Merencanakan Strategi Pengumpulan Data:
    • Membantu siswa merencanakan bagaimana mereka akan mengumpulkan data, termasuk metode yang akan digunakan (observasi, eksperimen, kuesioner, wawancara, dll.).
    • Mengarahkan siswa untuk menyusun jadwal dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengumpulkan data secara sistematis.
  3. Mengajarkan Teknik Pengumpulan Data:
    • Mengajarkan siswa teknik-teknik pengumpulan data yang efektif dan etis, termasuk bagaimana cara mengajukan pertanyaan yang baik dalam wawancara atau membuat kuesioner yang valid.
    • Memberikan contoh-contoh atau demonstrasi tentang bagaimana melakukan observasi atau eksperimen dengan benar.
  4. Mendorong Penggunaan Teknologi dan Alat Bantu:
    • Mendorong siswa untuk menggunakan teknologi dan alat bantu yang relevan dalam pengumpulan data, seperti aplikasi pengumpulan data, perangkat lunak analisis, kamera, atau alat ukur lainnya.
    • Memberikan pelatihan dasar jika diperlukan tentang penggunaan alat-alat tersebut.
  5. Mengawasi dan Membimbing Proses Pengumpulan Data:
    • Memantau kemajuan siswa dalam mengumpulkan data dan memberikan bimbingan serta dukungan jika mereka menghadapi kesulitan.
    • Memberikan umpan balik konstruktif untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan relevan dan akurat.
  6. Mendokumentasikan Data yang Diperoleh:
    • Mengajarkan siswa cara mendokumentasikan data yang mereka kumpulkan secara sistematis dan rapi.
    • Menggunakan format yang sesuai untuk pencatatan data, seperti tabel, grafik, atau catatan lapangan.
  7. Mendorong Refleksi dan Validasi Data:
    • Mendorong siswa untuk secara kritis merefleksikan data yang telah mereka kumpulkan dan memvalidasi keakuratan serta keandalannya.
    • Mengajarkan teknik validasi data, seperti triangulasi, untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan benar-benar dapat dipercaya.
  8. Mengorganisir dan Mengelompokkan Data:
    • Membimbing siswa dalam mengorganisir dan mengelompokkan data yang telah dikumpulkan berdasarkan kategori atau tema yang relevan.
    • Menggunakan perangkat lunak atau alat bantu visualisasi data untuk membantu dalam pengorganisasian ini.
  9. Menyusun Laporan Awal:
    • Mendorong siswa untuk menyusun laporan awal atau ringkasan data yang telah mereka kumpulkan.
    • Laporan ini membantu siswa untuk melihat pola atau temuan awal dan mempersiapkan mereka untuk analisis data lebih lanjut.
  10. Memberikan Umpan Balik dan Klarifikasi:
    • Memberikan umpan balik tentang kualitas dan kelengkapan data yang telah dikumpulkan oleh siswa.
    • Membantu siswa dalam mengklarifikasi informasi yang mungkin masih ambigu atau memerlukan penjelasan lebih lanjut.

Dengan tindakan-tindakan ini, guru membantu siswa dalam proses pengumpulan data yang sistematis dan efektif, yang merupakan dasar penting bagi tahap-tahap selanjutnya dalam Discovery Learning. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa siswa memiliki data yang cukup dan berkualitas untuk menganalisis dan membuat kesimpulan yang akurat tentang masalah yang sedang mereka pelajari.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment