News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ebook Menerapkan Cara Perawatan Sistem Wiper dan Washer

Ebook Menerapkan Cara Perawatan Sistem Wiper dan Washer

Wiper dan washer merupakan alat yang sangat penting dan erat hubungannya dengan segi keselamatan, karena keberadaannya untuk menjamin pandangan pengendara agar tetap tidak terhalang oleh air hujan atau kotorankotoran yang mengendap di kaca. Sebagai penggeraknya sistem wiper menggunakan motor wiper. Motor wiper adalah motor listrik yang dikombinasikan dengan magnet alam (ferrite magnet) sebagai stator dan armature sebagai rotornya.

Poros rotor ditumpu oleh dua buah bola yang dapat memperhalus suara dan memperlembut putaran, ujung poros terdapat gigi yang menggerakkan gigi penggerak wiper blade. Pada gigi tersebut terdapat plat nok (cam plate) yang berfungsi sebagai sakelar autostops. Fungsi dari motor wiper sendiri adalah sebagai penggerak wiper blade (pembersih kaca). Sebagai alat bantu dari wiper, beberapa model mempunyai washer (pencuci) yang memancarkan cairan (washer liquid) ke kaca.

Washer adalah pencuci kaca yang mempergunakan motor listrik untuk pompa airnya. Motor washer diletakkan berdekatan dengan tangki air pembersih kaca. Biasanya saklar washer menjadi satu bagian dengan saklar wiper. Kedua sistem ini mempunyai bagian mekanis dan elektrik. Tiap bagian elektrik digabungkan pada bagian mekanismenya secara berurutan oleh motor listrik atau selenoid. Motor wiper (alat penyeka kaca) dan pembersih kaca dikontrol oleh saklar yang ditempatkan dalam panel kolom kemudi.

Berikut ini materi menerapkan cara perawatan sistem wiper dan washer pada kendaraan.

Silahkan dibaca dengan seksama dan tidak melewatkan satu katapun, sobat akan mendapatkan informasi yang utuh dan lengkap.

Terimakasih.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment