News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ebook Buku Alat Ukur Micrometer

Ebook Buku Alat Ukur Micrometer

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, mikrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur jarak yang sangat kecil, biasanya digunakan bersama teleskop atau mikroskop. Berdasarkan pengertian ini, mikrometer sekrup merupakan salah satu jenis mikrometer yang dapat dimanfaatkan sebagai alat ukur.

Menurut Sutrisno dalam bukunya "Merawat dan Memperbaiki Pipa," mikrometer sekrup adalah alat yang sangat teliti. Oleh karena itu, alat ini cocok dan akurat untuk mengukur diameter atau ketebalan bahan yang sangat kecil, seperti diameter kawat tembaga. Alat ini diciptakan oleh William Gascoigne pada abad ke-17, awalnya digunakan untuk mengukur benda-benda di luar angkasa menggunakan teleskop dan mengukur jarak sudut antara bintang.

Mikrometer luar (outside micrometer) atau mikrometer sekrup adalah alat ukur dengan tingkat ketepatan yang tinggi, dengan rentang ukur tertentu yaitu 0 - 25 mm, 25 - 50 mm, dan 50 - 75 mm dengan ketelitian 0,01 mm. Mikrometer luar ini digunakan untuk mengukur ketebalan benda yang sangat tipis, seperti kain, kawat, kertas, bahkan sehelai rambut.

Dalam bidang otomotif, alat ukur ini sering digunakan untuk mengukur camlobe pada noken as (camshaft), diameter pen piston, main journal pada poros engkol (crankshaft), dan lain sebagainya. Namun, mikrometer tidak dapat digunakan untuk mengukur benda yang sangat lebar, seperti diameter beton suatu bangunan.

Bagi seorang insinyur, ketelitian dan akurasi adalah hal yang sangat penting, terutama saat melakukan pengukuran terhadap benda kerja. Bagi orang awam, mengukur panjang atau tebal suatu benda bisa dilakukan dengan mistar atau penggaris, tetapi hasilnya tidak akurat. Padahal, perbedaan nilai sedikit saja pada pengukuran bisa menyebabkan kinerja benda yang dibuat menjadi tidak sempurna.

Ebook Modul Alat Ukur Micrometer

Modul atau materi lengkap membahas alat ukur micrometer sekrup outside bisa sobat download pada link dibawah ini.

Semoga saja karya saya berupa Modul atau materi yang membahas alat ukur micrometer sekrup outside bisa membantu memajukan pendidikan SMK.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment